Memanfaatkan Limbah Kayu Jati Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Laser KayuJapara dikenal sebagai kota ukir yang mengandalkan kayu jati sebagai bahan bakunya. Pasalnya, kayu jati memiliki kualitas kayu yang halus dan tahan lama. Alhasil, banyak sekali limbah kayu jati yang tidak terpakai.

Padahal bila diamati, limbah kayu Jati ini bisa dikembangkan dan dieksplorasi kembali. Sehingga mampu menciptakan inovasi berupa kerajinan kayu yang kreatif dan juga bisa menjadi suatu kerajinan yang mempunyai nilai fungsional. Kendati demikian, untuk menciptakan sebuah karya yang bernilai tinggi bukanlah hal yang mudah. Diperlukan ide kreatif dan proses kreatif yang sangat kompleks.

Di mulai dengan proses berfikir mencari ide, memvisualisasikan dalam sketch desain hingga membuat beberapa sample produk yang sedang marak di pasaran, akan tetapi harus tetap mempunyai keunikan dan kreatifitas tersendiri sehingga berbeda dengan produk lain.

Meski limbah Kayu Jati melimpah di Kota Ukir Jepara, pencarian untuk bahan material dasar industri Laser Kayu tidak sembarangan. Diperlukan ketelitian supaya mendapatkan kayu yang cocok dan mempunyai kualitas tinggi. Karena hal ini erat kaitannya dengan kualitas dan menciptakan hasil yang berbeda dari produk lainnya.

Kayu Jati yang dipilih oleh industri kreatif Laser Kayu adalah kayu Jati Jawa. Yang dikenal sangat awet dan mempunyai serat yang halus. Bukan “kayu Jati Londo” yang terkenal murah akan tetapi mempunyai kualitas yang kurang bagus.  

Untuk pembuatan karya yang menarik dan bernilai seni tinggi, pembuatannya tidak cukup satu orang saja. Dalam Industri Kreatif Laser Kayu, produk yang diciptakannya merupakan hasil kolaborasi dari creator, dan para pengrajin. Dengan kata lain, produk laser Kayu adalah hasil dari suatu konsep dengan kombinasi skill seni yang mumpuni.

Selain bermaterial kayu Jati, industri kreatif Laser Kayu juga mengkombinasikan dengan beberapa kayu, antara lain Kayu Sono, Kayu Nangka, kayu cemara dll. Dalam pembuatan tempat korek, talenan, maupun tatakan, Laser Kayu seringkali mengkombinasikan 2-3 kayu supaya nampak unik dan berbeda dengan produk lain. Sebuah kombinasi yang alami dengan nilai seni yang tinggi, dan tentunya mempunyai ciri khas tersendiri.

Proses Pembuatan Karya

Dalam proses pembuatan, pengrajin laser kayu dengan teliti akan memilah dan memilih kayu limbah yang berkualitas tinggi. Baru kemudian dengan pola yang sudah ditentukan,  dilakukan pemotongan bahan yang membutuhkan tingkat kosentrasi yang tinggi. Setelah komponen sudah siap, baru kemudian dilakukan pengeleman atau kontruksi.

Setelah proses kontruksi dinyatakan cukup, baru kemudian masuk pada proses laser. Sentuhan laser  yang detail sesuai dengan pesanan konsumen, baik berupa tulisan maupun logo diaplikasikan di bagian cover suatu produk laser Kayu.

Kemudian di tahap akhir, yakni finishing. Pada tahap ini produk industri kreatif Laser Kayu menggunakan finishing natural,  atau sering disebut waterbase, selain aman, finishing ini juga bagus untuk memunculkan serat karakter kayu. Sehingga semakin nampak sempurna dengan tambahan packaging yang menarik dari Laser Kayu. Alhasil, produk industri kreatif Laser Kayu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai souvenir, gift untuk acara pernikahan, gathering, komunitas maupun identitas sebuah perusahaan.

Bagaimana, anda tertarik untuk menjadikan identitasmu bias terlihat berbeda?
Yuk, kolaborasikan bersama Laser Kayu Jepara – Indonesia.

Bisa mengunjungi workshop kami di Jl. KH. Moliki 02, Pengkol – Jepara.
Atau bisa melihat portfolio kami dibeberapa sosial media :

Instagram : Laser Kayu
Twitter       : Laser Kayu
Tlp / WA    : +62 81 326 693 844

 

Tag ,,